Cara mudah menghitung kapasitas harddisk untuk rekaman cctv

HDD

Closed Circuit Televisison atau biasa disebut CCTV merupakan alat yang digunakan untuk memantau suatu kejadian penting pada suatu tempat yang ditampilkan oleh sebuah monitor dan disalurkan melalui perantara kabel. CCTV banyak digunakan oleh masyarakat sebagai alat keamanan dan pemantau ditempat tinggal hunian pribadi maupun tempat usaha. Keandalan dan kinerja CCTV juga telah membantu pihak kepolisian dalam memecahkan sebuiah kasus kriminalitas.

Seiring perkembangan jaman, teknologi CCTV juga telah berkembang. Dengan pengembangan CCTV yang semakin maju dengan kualitas gambarnya yang semakin baik dari SD menuju HD, Full HD hingga Ultra HD pastinya akan sangat berdampak pada system penyimpanannya yang semakin besar dan meningkat. Sehingga anda memerlukan sebuah harddisk yang memiliki kapasitas besar dan sesuai dengan kebutuhan anda. Bagaimanakah cara menghitung kebutuhan harddsik dvr?

Sebelumnya terdapat dua istilah-istilah yang biasanya terdapat pada system kamera CCTV yang perlu anda ketahui.

1. Bit Rate
Hal ini mengacu pada jumlah rata-rata nilai bit yang diperlukan oleh data video atau audio agar menghasilkan suara dan tampilan dalam satu detik. Semakin besar suatu bit rate maka semakin baik pula kualitas tampilan dan suara. Begitu juga dengan ukuran filenya. Bit rate berhubungan dengan transmisi.

2. Data Rate
Date rate adalah ukuran suatu kecepatan bit data dalam suatu proses transmisi. Dihitung dalam bit per detik. Semakin kecil rate video maka kualitas gambar juga semakin baik.

Setelah mengetahui istilah diatas. Langkah selanjutnya adalah menghitung seberapa besar kapasitas yang dibutuhkan untuk menyimpan rekaman CCTV. Berikut beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan saat akan menghitung kapasitas harddisk CCTV anda.

1. Jumlah kamera
Jumlah kamera yang semakin banyak tentunya akan menambah data yang nantinya akan ditangkap dan dikonversikan kebentuk sinyal digital.

2. Jumlah Frame Per Second
Kumpulan frame yang dirangkai secara berurutan merupakan video digital. Semakin tinggi frame per second akan menyebabkan video digital semakin halus. Hal ini berdampak pada membengkaknya ukuran data yang semakin besar.

3. Ukuran Frame
Ukuran sebuah video juga ditentukan oleh ukuran frame. Beberapa ukuran frame yang digunakan pada DVR video meliputi 352 x 288 PAL, Common Intermediate Format (CIF), 704 x 576 PAL (D1/Full Frame).

4. Kualitas Video
Merupakan data analog yang dikonversi menjadi data digital menggunakan standar format video. Standart fprmat ini akan menentukan seberapa tepat video menghadirkan dan menampilkan kondisi sebenarnya. Video dengan kualitas baik biasanya menyimpan informasi yang detail dan ukurannya lebih besar.

5. Lama Perekaman
Semakin lama kamera digunakan untuk merekam maka semakin besar juga ukuran file yang masuk ke DVR.

Apabila dibuat perumpamaan, semisal 1 kmera dengan 1 frame persecond, full frame D1 berkualitas standart. Ukuran data video sekitar 330 MB. Karena menggunakan frame CIF ukuran video tersebut menjadi 145 MB.

Dari data diatas dapat dihitung estimasi ukuran data video sebuah system CCTV. bila CCTV merekam video dengan 10 frame per second full frame berkualitas standart dan terdapat 4 buah kamera CCTV. Digunakan selama 30 hari maka dapat dihitung ukurannya data video menjadi :

10 fps x 4 CCTV x 30 hari x 330 MB = 396000 MB atau setara dengan 396 GB

Dapat disimpulkan bahwa anda harus menyiapkan sebuah DVR dengan harddisk minimal 396 GB.

Mudahnya dengan mengakses website calculator harddisk cctv berikut : https://www.cctvcalculator.net/en/calculations/storage-needs-calculator/

Sekian artikel tentang cara menghitung kebutuhan kapasitas harddisk DVR CCTV. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

About amudy17

Check Also

Cara root Nokia X Nokia X2 Nokia X2 Dual Sim Nokia XL

Ikuti caranya dengan seksama :-> Langkah pertama Buka Nokia X kalian-> Selanjutnya buka “PENGATURAN” jika polsel Nokia …

Tinggalkan Balasan

Translate »