Cara Menggunakan Google Meet

Peningkatan kualitas teknologi memang sangat cepat. Mulai dari jaringan hingga aplikasi-aplikasi penunjang pekerjaan. Apalagi dalam masa pandemi Covid19 saat ini, dengan saran dan lebih baik Stay At Home, maka memaksa setiap orang untuk lebih banyak beraktivitas dari dalam rumah kecuali ada kegentingan dan kepentingan yang sangat perlu.

Para pekerja melakukan pekerjaan dari rumah (Work From Home), sedangkan siswa dan mahasiswa melaksankan belajar dari rumah (Study From Home). Dengan kondisi WFH dan SFH ini diperlukan proses koordinasi yang seringkali membuat pusing. Hal ini biasa terjadi jika ada kantor yang melaksanakan koordinasi antarcabang yang berbeda lokasi yang tidak memungkinkan untuk bertemu langsung dalam satu ruangan atau satu lokasi yang sama.

Seringkali kita pusing dengan aplikasi atau penyedia layanan video conference yang banyak Syarat dan Ketentuannya. Mulai dari yang hanya terbatas sekian menit, hanya terbatas sekian pengguna dan lain sebagainya. Bahkan ada yang ketakutan atas privasi pengguna yang mudah ditembus oleh “orang luar”.

Google sebagai perusahaan yang fokus pada jasa dan produk Internet, menyediakan aplikasi meeting virtual yaitu Google MeetGoogle meet ini dapat dinikmati bagi pengguna bisnis atau GSuite. Layanan ini terintegrasi dengan layanan GSuite. Sehingga sebenarnya layanan ini adalah berbayar. Namun untuk GSuite for Education,  layanan in sudah menjadi layanan dasar, sehingga dapat dinikmati dengan gratis sebagaimana layanan GSuite for Education yang juga gratis.

Bagaimana cara menggunakan Google Meet ini? Mari kita bahas langkahnya sebagai berikut :

1. Login ke google menggunakan akun GSuite kita

2. Silakan buat rencana meeting atau rapat di laman Google Calendar lalu buat jadwal dengan klik “Create”

3. Untuk dapat mengatur lebih lanjut, klik more option agar lebih detail dalam memberikan jadwal meeting

4. Isi sesuai dengan yang kita harapkan (contoh dan keterangan ada di gambar):

silakan atur dengan contoh seperti tanda merah, dan dapat disesuaikan dengan keperluan pertemuan

5. Jika sudahselesai silakan simpan dengan klik tombol Save. Lalu pilih Send jika ingin mengirimkan email ke daftar undangan

klik tombol “Send” untuk mengirim undangan ke email daftar undangan

Klik “Invite external guest”, karena kita mengundang meeting akun gmail diluar oraganisasi GSuite kita

6. Pada jadwal yang ditentukan maka kita dapat melakukan meeting.

Pada waktunya meeting, tinggal klik jadwal meeting warna hijau) lalu pilih gabung dan selamat menunggu yang lain bergabung

bagi yang diundang, tinggal buka email dan klik link yang ada maka akan bergabung dalam meeting terjadwal

7. Bagi yang tidak diundang / lupa diundang dan ingin bergabung, maka masuk ke laman Google Meet lalu klik Gunakan kode Rapat dan masukkan kode rapat yang muncul pada jadwal yang telah kita buat tadi. Jangan lupa login google dulu,..dan setelah meminta bergabung, maka si pembuat meeting/rapat harus menyetujui untuk dapat mengikuti meeting

Demikian tadi langkah menggunakan Google Meet yang dapat dinikmati oleh akun bisnis google yang berlangganan GSuite. Untuk mendapatkan fasilitas gratis, gunakan layanan gratis dari google melalui GSuite for Education (khusus  Sekolah / Perguruan Tinggi).

About amudy17

terima kasih telah mengunjungi artikel saya, Anda bertemu dengan seseorang yang ahli dalam pekerjaannya telah didedikasikan untuk TI selama lebih dari 13 tahun. terima kasih

Check Also

Apa itu Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence, AI)?

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence, AI) adalah bidang ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan sistem komputer …

Tinggalkan Balasan

Translate »
error: Konten dilindungi !!