//Batasi Karakter pada JAVA
import java
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
class batas_karakter extends JFrame implements ActionListener{
// Deklarasi Komponen
JLabel jlabel1= new JLabel();
JLabel jlabel2= new JLabel();
JTextField enama= new JTextField();
JTextField enama2= new JTextField();
JButton jButton1= new JButton();
JButton jButton2= new JButton();
private javax.swing.JOptionPane pesan;
public static void main(String[] args){
batas_karakter bataskar= new batas_karakter();
bataskar.setSize(300, 150);
Dimension screen = Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize();
int lebar= (screen.width – bataskar.getSize().width)/2;
int tinggi= (screen.height – bataskar.getSize().height)/2;
bataskar.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
bataskar.setLocation(lebar, tinggi);
bataskar.setResizable(false);
bataskar.setVisible(true);
}
// Method pembuatan Komponen
public batas_karakter(){
this.getContentPane().setLayout(null);
this.setTitle("Batas Karakter");
jlabel1.setFont(new java.awt.Font("Dialog",1,12));
jlabel1.setText("Nama");
jlabel1.setBounds(new Rectangle(2, 8, 300, 22));
jlabel2.setRequestFocusEnabled(true);
jlabel2.setText("Nama panjang ");
jlabel2.setBounds(new Rectangle(2,30,287,27));
enama.setBounds(new Rectangle(100,8,100,23));
enama2.setBounds(new Rectangle(100,35,165,23));
jButton1.setBounds(new Rectangle(75,70,70,25));
jButton1.setText("OK");
jButton2.setBounds(new Rectangle(175,70,75,25));
jButton2.setText("Cancel");
jButton1.addActionListener(this);
jButton2.addActionListener(this);
this.getContentPane().add(jlabel1,null);
this.getContentPane().add(jlabel2,null);
this.getContentPane().add(enama,null);
this.getContentPane().add(enama2,null);
this.getContentPane().add(jButton1,null);
this.getContentPane().add(jButton2,null);
}
public void actionPerformed(ActionEvent kerjakan){
if(kerjakan.getSource()== jButton2){
enama.setText("");
enama2.setText("");
}else{
int panjang= enama.getText().length();
if (panjang>15){
pesan.showMessageDialog(this, "Naah Looh inputan melebihi batas Karakter ๐ ");
enama.setText("");
enama2.setText("");
}else{
pesan.showMessageDialog(this, "Data telah di masukkan Hee….!!!!");
enama.setText("");
enama2.setText("");
}
}
}
}
/*Penjelasan :
Inti dari Code diatas adalah
public void actionPerformed(ActionEvent kerjakan){
if(kerjakan.getSource()== jButton2){
enama.setText("");
enama2.setText("");
}else{
int panjang= enama.getText().length();
if (panjang>15){
pesan.showMessageDialog(this, "Naah Looh inputan melebihi batas Karakter ๐ ");
enama.setText("");
enama2.setText("");
}else{
pesan.showMessageDialog(this, "Data telah di masukkan Hee….!!!!");
enama.setText("");
enama2.setText("");
}
}
}
yang lain hanya Komponen dan Argument untuk tampilan GUI nya saja :). akan saya beri penjelasan sedikit untuk Code diatas,
Java akan memeriksa apakah tombol jButton2 di klik jika ya kosongkan Field enama dan enama2,
jika tidak maka Java akan memeriksa jumlah/Panjang karakter yang telah di inputkan pada Textfield.
int panjang= enama.getText().length();
Disini saya hanya memberikan 1 Field yg diproses, terserah anda untuk pengembangkannya :). Selanjutnya proses
pembatasan jumlah karakter yg telah di inputkan tadi tidak boleh lebih dari 15 karakter.
if (panjang>15)
dan apabila jml karakter lebih dari 15 akan terdapat sebuah Informasi bahwa karakter lebih dari 15. jika benar (kurang dari 15)
akan muncul Kotak Informasi bahwa <b>Data sudah dimasukkan</b>.
Semoga bermanfaat. */