ehm...ehm.. cek....cek... 1....2....3. Tongue out

Awal cerita pembuatan artikel ini sbenernya sih cuman buat maen2 aja karena internet kampus waktu itu port FTP ngejooos. 

karena pingin download ISOlinux terbaru akhirnya ane coba2 pake download manager versinya Linux. kalo pake IDM atou sejenisnya mah.. Ogah deh.. coz di samping Sofware Propetary juga nggak Opensource.

Axel dan prozilla merupakan software download accelarator yang lumayan bagus

AXEL Kelebihan dari download accelarator ini adalah kecepetan yang stabil di setiap waktu. Saat saya menggunakan axel kecepatan tiap detik lebih cenderung stabil dibanding dengan prozilla. Kecepatannya juga tidak bisa dianggap remeh.Namun ada kelemahan dari axel ini, yaitu saat saya menggunakannya kadang-kadang berhenti di jalan. Sehingga harus di restart kembali, sangat repot saat kita ingin meninggalkan downloadan kita.

PROZILLA Kelebihan dari download acceletator ini adalah kecepatan maksimal yang dapat dicapai saat mendownload yang lebih besar dari axel. Kemudian prozilla tidak pernah berhenti di tengah jalan kecuali memang jaringan internet benar-benar putus. Sehingga cocok digunakan saat kita ingin meninggalkan downloadan. Kelemahan dari prozilla adalah kecepatannya yang naik turun, namun tidak perlu dikhawatirkan karena turunnya pun biasanya hanya untuk beberapa saat.

singkat cerita, waktu itu dan sampai sekarang gw setia dengan linux (bagi yang masih pakai OS jendela-jendela, coba dong linux... [promosi:on]).

Dan kali ini saya akan membahas sedikit tentang PROZILLA. (lo kenapa kok nggak axel?) kenapa karna menurut saya Prozilla sedikit lebih unggul dari Axel. 

prozilla ini dipakai untuk linux. mari kita coba lihat apa keunggulannya...

hmm... manstab...!! waktu itu gw download ISOlinux dari mirror lokal kampus gw, UNTAG tercinta. download ISODebian linux tersebut terdiri dari 5 Iso, masing berukuran 4Gb. 1 ISO filenya berukuran 4Gb, saya bagi menjadi 200an lah... hehe, selesai selama kurang dari 15 menit. alhasil pada waktu gw baru mendownload, temen2 disekitar gw jaringan internetnya pada DOWN. ckikikikkkkzzz ^^v tapi download ane terus berjalan. yah... printscreennya udah kehapus waktu system gw crash waktu itu linux gw ubuntu Netbook Remix, gak bisa ikutan diposting ni... hehe, Maap ye.. Bukan bermaksut HOAX.... waktu itu ya kira2 sekitar Bulan januari lah (sebelum linux gw install ulang).

Pembagian file download juga tergantung pada server situs download-an. nah pada kasus gw itu server kampus tidak bisa memblok dan tidak kuat karena traffic yang gw timbulan cukup gede. Innocent Laughing (bila yang ngerti tentang konfigurasi Prozilla ini Konon katanya Bisa mematikan Client yang lain, Singkatnya Cuman kite aje yg bisa Browsing & Download)

Karena ini aplikasi jadul (Prozilla, th 2005) dan sudah tidak didukung lagi oleh Ubuntu, maka hanya bisa ditemukan di Old Release. Saya ambil yang terakhir yang ada di situ yaitu Prozilla 1.3.7.4-1 yang saya download di sini. Tinggal itik-itik (double click), Prozilla sudah diinstall sendiri oleh GDebi Package Installer. Sebetulnya ada pula situs yang menyediakan versi Prozilla yang lebih baru, tapi masih dalam bentuk source code, dan saya tidak mau berlama-lama. Alasan pertama karena takut bilamana ada error, kedua, sejujurnya saya tidak hafal perintah-perintah $tar -xf bla…bla…bla… dan ./configure dan make dan lain-lain… hehehe… Tongue out

INSTALASI

Instalasi dari paket debian yang sudah tersedia

download prozilla_1.3.7.4-1_i386.deb dari http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu/pool/universe/p/prozilla/

$wget -c http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu/pool/universe/p/prozilla/prozilla_1.3.7.4-1_i386.deb
#sudo dpkg -i prozilla_1.3.7.4-1_i386.deb

edit konfogurasi-nya di /etc/prozilla.conf :

#sudo nano /etc/prozilla.conf

tentukan direktori hasil download biasanya berada pada baris paling bawah :

mainoutputdir = /home/liza/Downloads

buat lokasi simpan bos..

 

PERINTAH2 DOWNLOAD di Prozilla

option utama :

untuk lebih jelasnya # man prozilla (enter)

-r : mengaktifkan perintah resume download jika koneksi terputus.
-k=10 : melakukan 10 koneksi download.
–max-bps=20000 : membatasi konsumsi bandwith maksimal sebesar 20 KB/s

Contoh perintah download :

$proz -r http://www5.indowebster.com/d6ff5ac0ba1771d2c1109a6a58ae23bc.mp3


$proz -r -k=10 –max-bps=20000 http://www5.indowebster.com/d6ff5ac0ba1771d2c1109a6a58ae23bc.mp3

contoh menjalankan perintah download agar berjalan di backgorund :

$nohup proz -r -k=10 http://www5.indowebster.com/d6ff5ac0ba1771d2c1109a6a58ae23bc.mp3 &

atau

$screen proz -r -k=10 http://www5.indowebster.com/d6ff5ac0ba1771d2c1109a6a58ae23bc.mp3

tekan “Ctrl + A,D” untuk menyembunyikan di background, dan ketik “screen -r” lalu Enter untuk memonitoring proses downloadnya.

kemudian

Beberapa Waktu yang lalu ya sekitar 3 mingguan saya mencoba lagi untuk Download ISO linux yang lain.. tp Sekarang sudah di batesi.. ama Admin Servernya Cry, proses sedot waktu itu cuman Mentok di angka 10Kb/s. Cry Cry  Cry  Cry  Cry  Cry  Cry  Cry  Cry  Cry  Cry  Cry