Pagi bang admin, Owe hadir lagi dan kale ini ane emang tidak bisa lepas dari artikel yang bau2 Linux, tp owe dapet ide yang bagaimana artikel owe ini berbau Mikocok Windus dan Pegel Linux.

Ini sebenernya bukan hal yang wah.. atau hal yang baru, tutorial ini suangat buanyak sekali di internet. bahkan pada intinya tutorial mereka sama semua cuman mengganti kosa katanya aja biar beda Cool. tp kale ini ane akan berusaha menampilkan yang beda dari pada yang laen. Ide pembuatan artikel ini dari http://unetbootin.sourceforge.net/.

Ini terjadi pada saat saya ingin menginstall ulang ubuntu di netbook saya, sebelumnya sih saya pake Ubuntu remix edition 9.10. sungguh sangat di sayangkan ubuntu seri itu sering bermsalah di netbook saya, paling parah Ubuntu Remix tersebut tidak mau shutdown, tp harus di matikan manual (doh) puayah Yell. saya berencana balek ke nengDebian yang sukses jalan luancar juaya ke laptop saya dulu yang almarhum. 

Hingga akhirnya saya mau install ulang, eh entah tak tau kenapa saya lupa kalo saya tak ada Player DVD buat muterin DVD installernya. sebelumnya sih saya Pinjem ke teman saya, tp kalo pinjem terus kan rodo' sungkan dewe karo sing nduwe Bahasa indonesia Kalo pinjem terus malu kan sama yang punya it0 Embarassed

Nah saya di kasih referensi teman saya pake UNetbootin  Cara pakeknya sih Cukup guampang tinggal download =>  install => buka programnya. program yang saya download versi windows sepen 7.

bahan2 yang harus di persiapken

  1. kasaranya seperti ini FLASH DISK 4gb
  2. ISO Linux/Windus (tergantung kebutuhan)
  3. Kompi yang sudah ada OS nya (buat jalanin UNetbootin)
  4. Bumbu2 penyedap rasa (kopi - pisang goreng - Rokok) gak ada lo gak rame 

Buka Program UNetbooin.

Cari Lokasi ISOnya lalu pilih Type USB Drivenya dan mengklik tombol OK. langkah ini adalah yang sederhana seperti itu.

lalu 

Proses ini akan mengekstrak file dari ISO image (atau download), Copy ISO ke flash drive dan kemudian menginstal bootloader. Tergantung pada apa yang anda menginstal, ini benar-benar tidak makan waktu lama.

Setelah proses selesai, kita akan diminta untuk reboot Jika tidak, kita dapat menekan tombol Keluar.

nah sekarang Coba restart Komputer mana yang ingin anda install masuk ke BIOS,

Pilih Opsi Boot, kebetulan opsi boot di neetbook saya ada booting USB, (ini tidak ada pada komputer2 jadul)

dengan menggunakan flash drive ... cara lebih cepat daripada menggunakan live cd biasa  Wink


Ini Linux Owe yang baru Laughing