ehm… ehm…. lama tak ngoprek2 windows akhirnya kemaren Coba ngoprek2 windows dengan nyoba2 Squid di Xp, dah karena keasyikan ngoprek Windowsku jadi error boleh di katakan minta di “repair”. ya.. akhirnya mau gak mau gw kudu ngrepair tuh Xp kalo kagak beeeeeeh… gw kagak bisa main Winning Eleven lagi… nieh….

eh… gw Lupa…

Biasanya pada saat installasi windows, grub debian akan hilang, master boot recordnya akan ditimpa oleh windows. Ketika komputer restart maka otomatis akan masuk ke windows karena jalan menuju ke debian sudah tidak ada lagi, alias grubnya hilang. (>_<) pusing..

Tapi nggak apa lah… masih bisa kok di kembalikan ada beberapa cara sih.. tapi cara berikut ini terbukti ampuh… and Mak nyusssss…… SsS

Berikut langkah – langkahnya :

  1. masukkan cd installer debian

  2. pada saat booting pilih rescue mode. rescue mode ini adalah mode penyelamatan sistem pada debian. jadi bisa dikatakan seperti repair mode pada windows.

  3. langkah berikutnya akan berjalan seperti installasi biasa.

  4. sampai pada tahap pemilihan partisi hard drive yang berisi file system root. Kenapa harus file system root? karena boot loader yang akan di install akan dimasukkan kedalam partisi hard drive yang didalamnya terdapat file system root. biasanya prosesnya tidak akan berjalan ketika partisi yang dipilih bukan partisi yang terdapat file system root. jadi jangan khawatir salah memilih partisi atau takut data yang ada di windows akan hilang karena kesalahan memilih partisi tersebut.

  5. apabila sudah ketemu partisinya maka tekan enter dan pilih reinstall grub boot loader

  6. dan biasanya akan disuruh mengisi device for boot loader installation isilah dengan : /dev/sda atau /dev/hda tergantung partisi harddisknya…

catatan : penulis menggunakan debian lenny…

Kalo yang Nggak Pingin repot ada link bagus nieh.. disini dengan menggunakan CD