Wuuuiiiihhh judulnya kereeeennnn qu4ck :D heee.... Sebenernya ini di karenakan sebelnya karena bobolnya Password WIFI yang saya kelolah di kampus, ya walau itu pun saya sendiri yang mencoba baypass setelah baca - baca tutorial WEP & WPA CRACK (Kapan2 akan saya bahas topik ini :P). Karena Parnonya alias Paranoid n semaleman ga bisa bobo' gara2 takut di tembus orang (dalam hati kecil qu4ck, Yo wes laaah bobol - bobolen orang koneksinya lambat aja kok) tapi sebagai administrator masak harus menyerah seeh hanya karena kelemahan sebuah system, Waduh jadi inget Ucapan Pak dosen (Security is Process not Product). Dari situ cari - cari  referensi n tanya Om GOOGLE tapi ga di jawab. Sedikit di beri tips oleh Teman cara paling bodoh tapi ada benarnya juga, Berikut setting yang saya lakukan pada Jaringan WIFI saya di kampus.

disini saya menggunakan Router + Accesspoint Linksys WRT54G untuk Accesspoint yang lain kemungkinan ada persamaan.
  1. Login dahulu pada Router Sampean, setelah login dengan benar masuk pada Area WIRELESS seperti gambar berikut.
    Setting Pertama broo
  2. Dan lanjutkan pada Menu WIRELESS Security, pada Dropdown Security mode Pilih Disable
    Setting ke 2 broo
    nah disini letak Bodohnya yang dulunya saya selalu memprotek harus memasukkan Password untuk SSID eh sekarang malah di Disable apa g bodoh tuuh namanya? tenang... ntar juga tau Jawabannya.
  3. Aksi masih terus berlanjut, sekarang masuk pada menu WIRELESS Mac Filter dan Thick Enable. pada 2 Radiobox di bawahnya terdapat pilihan Prevent yang artinya siapapun boleh mengakses wireless ini tanpa kecuali, dan Permit only  istilahnya Kulo nuwun dulu sebelum mengakses wireless tersebut dan  inilah yang akan kita gunakan untuk  securitynya.
    setting ke 3 broo
  4. Masih lanjut brooo adeeuuh akeehe qu4ck? heee. Klik Edit MAC Filter List Sampean akan di bawa pada POPup seperti gambar berikut
    setting akhir
    Nah sekarang catet aja MAC address yang di ijinkan untuk mengakses wireless sampean lalu tekan Save setting, Disinilah Kenapa saya mendisable Security Mode. Memang keliatannya WIRELESS tersebut tanpa di PASSWORD tapi saat  si user malakukan koneksi ke WIRELESS otomatis si WIRELESS akan melakukan pengecekan terhadap MAC user apakah sudah tercatat pada WIRELESS kita, apabila belum tercatat tungguin aja sampai taon depan apa WIRELESS ente sudah terkoneksi pada jaringan itu heeeee :P.


Semoga beguna ya.... Thanks Ricky Tips na