Dahulu masih versi android 2.1 alias Eclair ini HP (motoroal MB502) sempat memikat pengguna pecinta Smartphone android yang mendambakan keyboard fisik, tapi memang tidak sesukses yang menggunakan full touchscreen android dengan keyboard fisik lama - lama menghilang dan kabar kurang mengenakan datang dari Official motorola karena  tidak ada lagi upgrade OS untuk Seri MB502. Sempat mengkarduskan (tidak digunakan) karena tidak ada update ini, Sempat bertanya - tanya mengapa Smartphone dengan Spek mumpuni untuk upgrade ke 2.3 (pada waktu itu) tidak dilakukan oleh official Motorola, bisa di jadi bila MB502 upgrade ke Gingerbread akan membunuh beberapa Smartphone buatan motorola yang lainnya.

Dengan boomingnya Layanan dari Blackberry (BBM) iseng - iseng sayang browsing untuk mencari tau minimum Spek agar BBM dapat berjalan pada OS android, tapi saya malah nyasar ke sebuah website (XDA Developers)  dan didalam postingan sesorang itu ada yang menggunakan Smartphone ini Motorola Charm untuk sekedar chit-chat dengan teman dan keluarga. Sedikit pertanyaan (Bagaimana mungkin OS 2.1 dapat menjalankan BBM) setelah mencari tau ternyata saya ketinggalan info, ada seseorang yang berhasil memporting OS Gingerbread dari Motorola Flipout ada berjalan pada Motorola Charm (Kabar gembira). Setelah hampir 1 tahun akhirnya saya buka - buka lagi, Battery masih normal padahal sudah tidak digunakan lama (brati memang ini barang berkualitas).

Berikut tahapan - tahapan untuk upgrade dari Eclair ke GingerBread

1. Pastikan OS Eclair telah Rooted (Bisa menggunakan z4root atau SuperOneClicks).

2. Download dan Install FlipOutRecovery pada Smartphone kalian.

3. Download ROM, Google Apps dan Motorola patch

+ Silahkan pilih ROM dibawah ini :

   - update-cm-7-20130703-UNOFFICIAL-ruth-signed-RC2(v0.7.1).zip (saya coba berjalan baik)

   - Boo-CM-7-20130711.zip (saya coba berjalan baik)

   - untuk ROM selain diatas saya belum coba, karena ada yang bilang klo kurang Stabil.

google apps

+ Motorola Charm patch

4. Setelah semua telah di download taruh semua pada SDCART (jangan di masukkan Folder)

5. Buka aplikasi FlipOut Recovery kemudian pilih Install Recovery, Setelah instalasi selesai pilih Reboot Recovery sesaat setelah reboot kalian akan dihadapkan menu ClockWorkMod (Cyanogen Mod).

6. Pertama kali kalian pilih Wipe data ini untuk mengkosongkan cache yang ada di Motorola Charm, untuk berpindah menu menggunakan tombol Volume + dan - kemudian tekan tombol OK pada keyboard untuk proses data.

7. Setelah proses Wipe, kalian pilih Install from sdcard - Choose zip from sdcard dan pilih ROM yang telah kalian upload ke sdcard BooCM7-20130711.zip atau lainnya pilih Yes untuk instalasi dan tunggu sampai proses selesai.

8. Setelah install ROM sekarang Install Google Apps, Sama seperti proses wipe kalian pilih Install from sdcard - Choose zip from sdcard dan pilih GoogleApps.zip kemudian pilih yes untuk proses instalasi tunggu sampai selesai.

9. Sekarang kita perlu untuk Patch untuk minimalkan Bug (kesalahan) pada Motorola Charm Install from sdcard - Choose zip from sdcard pilih patch yang sudah didownload pilih yes untuk instalasi tunggu sampai selesai.

10. Setelah semua tahap - tahap diatas sudah selesai kalian Reboot melaliu Menu CWM, Tunggu sampai logo CM muncul menandakan Upgrade berhasil.

MB502 CharmMB502 Charm

Kekurangan :

1. tidak ada menu untuk disable Backtrack, sedikit merepotkan bila tersentuh jari.

2. Launcher themes dan beberapa Apps bawaan sebagian ada yg berbahasa Mandarin.

3. Suka Restart sendiri (tidak bila menggunakan Aps bawaan).

Kelebihan : 

1. Performa lebih cepat. 

2. Ruang memory lebih lapang

3. Bisa BBM.

4. dll

Khusus untuk BBM bila kalian jalankan aplikasi, default akan menggunakan layar Portraid solusinya kalian install Apps Rotation Locker. Aplikasi ini akan memaksa semua aplikasi bekerja pada Lanscape, portraid atau Auto.

 

Salam pengguna Motorola Charm Cool

 

Sumber : omalbastin.blogspot.com