Memecah (Split) File yang berukuran besar (lebih dari 4GB) ketika kalian akanmenyimpannya ke dalam USB Flashdisk akan memunculkan Error bila Storage tidak mencukupi untuk di simpan mengapa? dikarenakan Format Storage USB Flashdisk adalah FAT32 dimana maksimal file yang daat disimpan tidak lebih besar dari 4GB, lantas bagaimana caranya agar tetap dapat menyimpan file tersebut kedalam Flashdisk?

yang saya gunakan saat ini ada 2 software yaitu hjsplit dan 7Zip dimana keduanya dapat berjalan diwindows maupun linux (ini yg penting)  format split dan juga join kedua software tersebut sama jadi kalian pilih saja salah satu dri kedua software tersebut.

Screenshoot untuk hjSplit seperti berikut

Tombol Split  : digunakan untuk memecah File - file yang berukuran besar menjadi beberapa file kecil.

Tombol Join : Digunakan untuk menggabungkan File - file yang telah di Pecah (Split) menjadi file yang sebelum dipecah.

Tombol Compare : Membandingkan file yang telah di join dengan file asli.

Tombol Checksum : mengecheck Hasil MD5 file apakah sama dengan bawaan Software.

Saya tidak menunjukan cara penggunaannya bila kalian kesulitan bisa baca - baca Manual/Dokumentasinya.

 

7Zip Software ini mirip dengan WinZip/WinRar yang berbayar akan tetapi untuk memperoleh software ini kalian tidak dipungut biaya alias gratis. 7Zip mendukung banyak file Archive (.7z, .zip, .bzip2, .gzip, .wim, .xz) bila kalian akan mengarchivekan beberapa file data. Untuk cara Split file kalian hanya perlu  Browse file yang akan dipecah (split) kemudian klik File - Split File dan untuk menggabungkan file Klik File - Combine File.

Khusus untuk menggabungkan file pastikan terdapat file berextensi .001 yang merupakan pokok dari file yang dipecah tersebut bisa lihat image dibawah

Perhatikan File yang berekstensi .001-.007, file - file tersebut adalah hasil dari pemecahan (split) dari file yang berekstensi .iso. Untuk menggabungkannya kembali kalian cukup browse file hasil split kemudian klik File - Combile File secara otomatis akan melakukan penggabungan. Bagaimana dengan hjSplit? Sama saja kalian tinggal klik Tombol Join kemudian cari file berekstensi .001.