Home / Dunia Komputer / Cara Mengistall Joomla Di cPanel Secara Manual

Cara Mengistall Joomla Di cPanel Secara Manual

1. Pertama Anda buka pada URL dan ketikan http://namadomainanda.com/cpanelAnda yang telah dibuat. Kemudian Anda  megisikan Username dan Password lalu pilih Log In seperti gambar dibawah :

 

2. Langkah kedua setelah Anda membuka URL tersebutmaka Anda perlu memilih icon mySQL Database seperti yang tertera pada gambar dibawah in :

 

 

3. Setelah Anda mengikut langkah kedua selanjutnya Anda perlu mengisi Database untuk membuat Database baru Anda. KemudianAnda menekan button Create Database  seperti yang tertera pada gambar dibawah ini :

 

Jika telah selesai akan terdapat tampilan seperti gambar dibawah ini artinya Database telah di buat.

 

4. Setelah Anda membuat Database baru pada langkah ketiga selanjutnya pada bagian bawah terdapat Tab seperti gambar dibawah ini dan isi untuk membuat Add New User jika telah selesai di isi Anda hanya perlu memilih button Create User seperti gambar dibawah ini :

 

5. Setelah Anda mengikuti langkah keempat maka jika Anda mengarahkan kebawah Anda perlu memilih Button Add seperti gambar dibawah ini :

 

6. Setelah anda mengikuti langkah kelima Anda akan di arahkan kelangkah berikutnya, dan pada langkah berikutnya adalah Anda perlu menceklisALL PRIVILEGES  dan anda perlu memilih Button MAKE CHANGES seperti yang tertera di bawah ini :

 

 

7. Setelah anda mengikuti langkah keenam Anda perlu mendownload Joomla.zip dan ekstrak didalam folder baru.

8. Setelah itu buka software FileZilla.

 

9. Dan pada tampilan awal masukan seperti yang tertera dibawah ini :

 

Setelah terisi kQuickConnect

 

10. Jika langkah kesembilan telah selesai , pada tRemote Site pilih Folder PUBLIC_HTML.

 

a. Lalu ke file Joomla yang sudah di ekstrak, pilih semua dan klik kanan,

 

upload

 

11. Setelah Anda mengikuti langkah kesepuluh di langkah kesebelas Anda kembali ke cPanel dan pada tab Software/Service Anda memilihbutton Select PHP Version seperti yang tertera pada gambar dibawah ini :

 

12. Setelah Anda mengikuti langkah kesebelas, Anda akan langsung diarahkan ke Current PHP Version dimana pada Dropdown Anda perlu memilih PHP Version 5.3 dan Andamemilih button Save seperti yang tertera pada gambar di bawah ini :

 

13. Setelah Anda mengikuti langkah keduabelas  Anda kembali ke menu cPanel dan pada tab Files Anda juga perlu memilih Button File manager seperti yang tertera pada gambar di bawah ini :

 

14. Setelah Anda mengikuti langkah ketigabelas, pada langkah keempatbelas ini Anda akan diarahkan pada langkah selanjutnya dan Andamenekan button Go untuk lanjut ke langkah selanjutnya :

 

 

15. Pada langkah ini Anda akan diarahkan ke langkah berikutnya yaitu Anda masuk keFile Directoripublic_html seperti yang tertera pada gambar di bawah ini :

 

16. Setelah mengikuti langkah sebelumnya lalu Andabuka file: installation > model > configuration.php, dan Anda perlu mengedit file configuration.phptersebut :

 

17. Edit Database sesuai dengan yang di buat.

 

18. Setelah mengikuti langkah langkah sebelumnya pada langkah selanjutnya Anda akan di arahkan ke Installasi Joomla dengan mengisikan di URL namadomainanda.com/ tampilan awal sesuai dengan yang sudah di isi. Lalu Anda memilih Button Next.

 

19. Lengkapi kembali data-data, lalu pilih button Next.

 

20. Setelah Anda mengikuti langkah ini Anda akan diarahkan ke langkah berikutnya yaitu Andamemilih button Install tunggu sampai proses selesai.

 

21. Setelah Anda mengikuti langkah sebelumnya maka akan tampil – tampilan seperti gambar dibawah ini.Kemudian Anda masukan kembali URL :http://namadomainanda.com/administrator.

 

22. Masuk dengan ID yang telah Anda buat, setelah loginJoomla siap digunakan.

About Administrator

2016-01-12 10:32:36 2016-01-12 14:33:42

Check Also

Daftar Auto Ping List pada WordPress

Auto ping WordPress merupakan fitur built in yang sudah menjadi bawaan sebuah platform blog WordPress di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *